sabar ya
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang I.2 Rumusan Masalah I.3 Tujuan Perancangan I.4 Manfaat Perancangan I.5 Batasan Masalah
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
II.1 Tinjauan Teori
2.1.1 Teori seputar masalah yang dikaji
2.1.2 Teori Advertising
2.1.3 Teori Marketing
2.1.4 Teori lain yang relevan
II.2 Perancangan Relevan
Berisi perancangan yang sudah ada yang memiliki relevansi tema atau topik perancangan yang diangkat
II.3 Kerangka Pemikiran
BAB III METODE PERANCANGAN DAN ANALISIS DATA
III.1 Metode Perancangan
Berisi jenis metode perancangan yang digunakan, teknik pengumpulan data, hingga langkah/tahapan perancangan yang digunakan.
III.2 Identifikasi Data
3.2.1 Data Produk
Berisi informasi mengenai produk, produsen, dan pemasaran 4P/7P.
3.2.2 Data Kompetitor
Berisi informasi mengenai produk dan pemasaran pesaing. Minimal 2 pesaing.
III.3 Analisis Data
3.3.1 Analisis dan Matrix SWOT
Berisi analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terkait kompetitor dan target audiens, serta analisis matrixnya.
3.3.2 Hasil Analisis
Berisi produk positioning / repositioning dan konsep periklanan yang didasarkan dari hasil matrix SWOT.
BAB IV. KONSEP PERANCANGAN DAN VISUALISASI
IV.1 Konsep Kreatif
4.1.1 Logika dan Strategi Kreatif
a) Logika Kreatif
Berisi statement pokok strategi periklanan.
b) Segmentasi Audiens
Berisi target audiens yang dituju. (geografis, demografis, psikografis, dan behaviour) c) Strategi Promosi
Berisi strategi promosi yang akan dilakukan. (advertising, direct marketing, sales promotion, publicity, personal selling)
d) Strategi Kreatif
Berisi trend yang berkembang seputar konsumen, dan bangunan mitos produk (manfaat produk) dan desire respose (efek yang diharapkan).
4.1.2 Program Kreatif
a) Tema Pesan
b) Pendekatan Isi Pesan | rasional, emosional, moral
c) Bentuk Pesan | what to say? How to say?
d) Daya tarik pesan | selebritis, humor, kesalahan, dsb
e) Pendekatan gaya iklan |straight sell, slice of life, life style, dsb
f) Tone & manner | kepribadian; modern, elegan, simple, dsb
g) Model pendekatan persepsi visual (retorika) | analogy, metaphor, simile, dsb
h) Copywriting | Headline, Sub-headline, bodycopy, dsb
IV.2 Konsep Media
4.2.1 Strategi Media
a) Media Utama | bentuk media dan sasaran media
b) Media Pendukung | bentuk media dan sasaran media
4.2.2 Program Media I Jangkauan, Frekuensi, dan Kesinambungan Media
4.2.3 Budgeting |Biaya Perancangan dan Kreatif
IV.3 Konsep Visual
4.3.1 Tema Visual
4.3.2 Teknik Visualisasi
IV.4 Visualisasi
4.4.1 Penjaringan Ide Visual
a) Bagi media konvensional berisi studi visual dan sketsa kasar
b) Bagi media film dan multimedia dapat dijelaskan karakterisasi visual seperti visual karakter tokoh, visual karakter interior/exterior,dsb.
4.4.2 Proses Pengembangan Ide Visual
a) Bagi media konvensional berisi Layout kasar – layout komprehensif
b) Bagi media film dan multimedia ditambahkan storyboard atau interface design
4.4.3 Pengarahan Visual | font, warna, ilustrasi, dsb
4.4.4 Final Desain
4.4.5 Aplikasi Media
BAB V. PENUTUP
V.1 Kesimpulan V.2 Saran