“ANALSIS 6 ALIRAN DESAIN” (tinjauan desain)

nunggu sampai 10 detik ya cok, sampe link nya keluar.

sabar ya

TINJAUAN DESAIN




“ANALSIS 6 ALIRAN DESAIN”


Desain Poster Cubism
Image result for desain poster cubism

Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gerkaan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis. Pada fase kedua, Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakan Surealisme mulai dikenal masyarakat.
Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subyek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar. Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.


Analisis poster diatas :
1.       Bentuk geometris/kotak-kotak terlihat pada gambar di atas
2.       Latar belakang dan objek yang saling bertabrakan begitupun penggunaan warna yang berdampingan
3.       Terlihat jelas font tegak lurus seris pada poster tersebut “califirnia”

Desain Poster Futurism
Image result for desain poster futurisme
Futurisme berasal dari bahasa Prancis, futur atau bahasa inggris future yang keduanya berarti “masa depan” adalah aliran seni yang avant-garde, atau sebelum masanya, terutama pada tahun 1909 Masehi.
Futurisme merupakan suatu paham dari beberapa orang atau sekelompok orang yang percaya atau yakin akan adanya masa mendatang yang lebih baik, dalam arti lebih modern, lebih konkrit, bahkan diyakini bahwa manusia akan mampu menguasai jagad raya dengan tehnologi yang dimilikinya nanti.
Gerakan Futurisme diproklamirkan pada tahun 1909 oleh seorang penulis dan penyair Italia, Filippo Tommaso Marinetti. Futurisme adalah sebuah gerakan seni murni Italia dan sebuah pergerakan kebudayaan pertama dalam abad ke-20 yang diperkenalkan secara langsung kepada masyarakat luas. Bermula dari konsep dalam pergerakan sastra, kemudian merasuk ke dalam bidang kesenian seperti: seni lukis, seni patung, seni musik, desain dan arsitektur.
Analisis poster diatas :
1.       Peletakan huruf yang acak namun masih bisa terbaca jelas oleh pembaca dan peletakan typografy yang acak
2.       Karena pada poster di atas terlihat hanya teks , dan sangan jelas typografy pada poster tersebut membentuk satu kesatuan dan membentuk curva yang bergerak

Desain Poster Contructivism
Related image

Konstruktivizm adalah gerakan kesenian dan arsitektur di Rusia dari 1919 dan seterusnya yang membubarkan seni murni, digantikan dengan kesenian yang memiliki tujuan mendukung kehidupan sosial, terutama pembentukan sistem sosialisme. Merupakan kesenian resmi pemerintahan Bolshevik. Aktif hingga berakhir sekitar tahun 1934, memiliki dampak yang besar dalam perkembangan seni di Republik Weimar dan lain-lain, sebelum digantikan oleh realism sosialis. Di luar Rusia, aliran constructivisme berkembang di Jerman, tapi aliran ini juga tersebar di pusat-pusat kesenian seperti Paris, London, dan akhirnya amerika. Yang menyebarkan aliran ini keluar dari Rusia adalah tokoh-tokohnya. Naum Gabo, Antoine Pevsner, dan El Lissitzky membawa aliran ini ke amerika. Laszlo Moholy-Nagy datang ke Jerman dari Hungaria.
Analisis poster diatas :
1.       Gambar yang di gunakan adalah gambar suatu pergerakan suatu negara.
2.       Warna yang di gunakan flat hanya hitam, putih dan  cremdan jika di amati dengan sekilas akan terlihat gelap


Desain Poster Dadaisme
Related image

Ditandai dengan penggunaan metode industri untuk menciptakan objek geometris. Constructivism juga merupakan awal dari pemikiran-pemikiran tumbuh pada jaman modern, pengaruh urtamanya dari cubism yang memiliki pandangan form follow function, yang menyatakan bahwa bentuk harus menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya, jadi tidak ada hal yang dibuat untuk sia-sia.
Analisis poster diatas :
1.       Dilihat dari typografy di atas mungkin sulit untuk di baca atau tidak estestis dan terlalu anarki
2.       Dan gambar di atas cenderung absurb dan tidak rasional
3.       Pada poster di atas typografy menjelaskan tentang foto yang telah di masukkan kedalam poster tersebut.

Desain Poster Bauhaus
Image result for desain poster bauhaus

(Dalam bahasa Jerman mempunyai arti: Bangunan Rumah/Building House). Sebuah sekolah desain Jerman yang mencoba menyatukan antara seni dan industri dengan menolak segala rupa bentuk-bentuk dekoratif dan teknik-teknik konstruksional. Didirikan di Weimar pada tahun 1919 oleh Walter Gropius, Bauhaus mencanangkan diri sebagai ‘bangunan yang lengkap untuk segala tujuan seni rupa’.
Anaisis poster diatas :
1.       Typografi ditata secara minimalis dan asimetris terlihat mehah karena pengambilan warna yang pas
2.       Pemakaian font dekoratif
3.       Warna tidak bergradasi karena memakai warna rimer

Desain Poster Swiss Style
Image result for desain poster swiss style
Swiss Style adalah gaya desain grafis yang muncul dan berkembang di Swiss pada tahun 1950-an, gaya ini lebih menekankan kejelasan informasi, komposisi yang objektif dan rasional serta penggunaan tipografi yang dominan. Pada awalnya gaya ini sering disebut dengan International TypographicStyle karena penggunaan tipografinya yang lebih dominan.
Analisis poster diatas :
1.       Poster terlihat asimetris, tapi font mudah di baca karena sangat di utamakan
2.       Terlihat kontruksional di poster tersebut
3.       Menekankan pada typografi, warna tidak bertekstur
Comments


EmoticonEmoticon