sabar ya
goa kreo
Sign system
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya. Sehingga kami
dapat menyelesaikan proposal yang berjudul Perancangan desain Sign System Goa
Kreo. Penyusunan proposal ini untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
desain komunikasi viusal 1 bidang DKV. Serta pembaca dapat mengetahui bagaimana
dan apa sebenarnya maksud perancangan sign system di Goa Kreo.
Menyadari banyak kekurangan dalam
pembuatan proposal ini. Karena itu, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran
dari pembaca untuk melengkapi segala kekurangan dan kesalahan pada proposal
ini.
Semarang, 11 Januari 2017
Kelompok Goa Kreo
|
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Rekreasi/wisata merupakan salah satu kebutuhan penting
bagi kehidupan masyarakat modern masa kini. Seiring perkembangan waktu,
aktivitas manusia yang semakin padat dan tingginya kebutuhan hidup manusia
memaksa manusia untuk bekerja keras sehingga menyebabkan tingkat stres yang
tinggi, hal ini membuat kebutuhan terhadap rekreasi/ wisata juga semakin
meningkat. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap rekreasi/wisata sangat
tinggi, maka ketersediaan tempat wisata sangat diperlukan.
Seperti dikota
Semarang misalnya, dengan tersedianya tempat-tempat wisata yang bermacam-macam
maka diperlukan pula sebuah media iklan untuk membangun citra kepada masyarakat
terhadap suatu tempat wisata. Dengan adanya iklan akan dapat membantu
memperkenalkan potensi pariwisata di kota Semarang kepada masyarakat, baik di
kota Semarang maupun sekitarnya. Salah satu media iklan yang dapat digunakan
untuk membangun citra tempat wisata dengan ciri khas tertentu yaitu dengan
menggunakan sign system. Pengertian sign system yaitu suatu rangkaian
representasi visual dan simbol grafik yang bertujuan sebagai media interaksi
manusia dengan ruang publik (Tinarbuko, 2012:12).
Salah satu fungsi sign system adalah sebagai penunjuk
untuk memudahkan pengunjung yang berada pada suatu tempat, sehingga dapat
mencari tempat dengan mudah dan cepat
baik didalam maupun diluar lokasi. Selain itu sign system juga dapat memudahkan
pengunjung khususnya dari luar daerah yang kesulitan menjangkau sebuah tempat
yang diinginkan. Misalnya pengunjung dari luar daerah yang akan menuju ke
sebuah tempat wisata didaerah lain, dengan adanya sign system akan memudahkan
pengunjung untuk mencari lokasi wisata tersebut.
Seiring perkembangan waktu, sign system sering
digunakan di berbagai tempat wisata, salah satunya yaitu Goa Kreo. Kawasan
Wisata Goa Kreo Semarang ini berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri,
Kecamatan Gunungpati, Semarang. Monyet monyet yang ada di Goa Kreo ini adalah
monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), monyet yang ada di sini termasuk
monyet yang cukup jinak, dan bisa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo. Sign system yang terdapat pada tempat wisata Goa Kreo
sangat terbatas jumlahnya. Adapaun kondisinya sangat memprihatinkan, kotor,
berkarat, ukurannya kecil, penempatan sign yang tidak tepat sehingga tidak
terlihat, patah bahkan ada tempat yang tidak diberi sign.
Jika dilihat dari segi desain komunikasi visual, sign
system yang terdapat di lokasi wisata tersebut kurang memenuhi syarat sign
system yang baik dan benar. Warna-warna yang digunakan tidak mencolok. Selain
itu penempatan sign system juga kurang tepat sehingga keberadaannya sering
diabaikan. Hal ini membuat sign system yang sudah ada tidak berkerja sesuai
fungsinya sehingga pengunjung kesulitan mencari tempat-tempat yang ada didalam
lokasi wisata. Oleh karena itu perlu diadakan perancangan ulang sign system
sebagai penunjuk didalam lokasi wisata Goa Kreo
supaya dihasilkan sign system yang baik sebagai pelayanan perusahaan.
Selain itu dengan adanya sign system yang baik akan membuat pengunjung wisata
mudah memahami isi sign system sehingga diharapkan semua fasilitas dan wahana
yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata dapat dikunjungi oleh para pengunjung.
TUJUAN
Membuat perancangan ulang sign system
agar menjadi sign system yang lebih baik dan komunikatif sehingga diharapkan
dapat menjadi penunjuk bagi pengunjung baik didalam maupun diluar lokasi wisata
Goa Kreo.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana merancang ulang sign system agar menjadi
sign system yang lebih baik dan komunikatif sebagai penunjuk didalam lokasi
wisata Goa Kreo ?
BATASAN
Goa Kreo sebagai salah satu tempat wisata yang cukup
banyak diminati di daerah Semarang, harus memberikan kenyamanan dan pelayanan
yang baik, salah satunya yaitu dengan Sign
system memadai yang harus segera diadakan pada lokasi Goa
Kreo.
LOKASI SURVEY
Kawasan
Wisata Goa Kreo Semarang.
OBJEK YANG DISURVEY
·
Way finding
(arah menuju ke lokasi goa Kreo)
·
Way finding
(arah menjuju ke lokasi waduk)
·
Loket
·
Tempat
guide
·
Pusat
informasi
·
Tempat
parkir
·
Kantin
·
Mushola
·
Tempat
bermain anak anak
TARGET AUDIENCE
·
Pengunjung
kawasan wisata Goa Kreo
METODOLOGI PENGUMPULAN DATA
Kuantitatif
A. Alat pengumpul data
ANGKET: Angket pertanyaan terdiri dari dua kategori pertanyaan, pertanyaan
kategori pertama mengenai pendapat pengunjung
seputar fungsi sistem tanda, dan pertanyaan
kedua dengan pertanyaan terlampir seputar
pendapat pengunjung mengenai sistem tanda bagaimanakah yang dianggap
efektif untuk diaplikasikan diarea Goa kreo.
ANGKET PERTANYAAN DESAIN SIGN
NNSYSTEM (SISTEM TANDA)
DAERAH SURVEY PARIWISATA GOA KREO
NAMA :
ALAMAT :
PEKERJAAN :
USIA :
PERTANYAAN
KATEGORI 1 :
1. Apakah anda sudah cukup terbantu
dengan informasi dari tanda petunjuk / informasi /larangan yang terdapat di
area Pariwisata Goa Kreo ?
A. YA B.
TIDAK
2. Apakah anda rasa perlu adanya
penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan efektif untuk sign
system yang terdapat diarea Pariwisata Goa Kreo ?
A. YA B.
TIDAK
3. Apakah anda rasa perlu penggantian
desain pada tanda petunjuk / infomasi / larangan yang terdapat di area
Pariwisata Goa Kreo ?
A. YA B.
TIDAK
PERTANYAAN
KATEGORI 2 :
Dari beberapa contoh sign system
terlampir, ilustrasi tanda manakah yang menurut anda paling bagus, pantas dan
EFEKTIF untuk diaplikasikan di area Pariwisata Goa Kreo ?
1. A C B
2. A C B
3. A C B
4. A C B
b. PERENCANAAN
TABULASI
Berikut ini adalah contoh tabulasi yang digunakan untuk
pendataan hasil suvey:
Tabulasi Hasil Angket
No.
|
Pertanyaan kategori
I
|
||||
Pertanyaan
|
JAWABAN
ANGKET
|
SIMPULAN
TERBANYAK
|
PROSENTASE
|
||
A (ya)
|
B (tidak)
|
||||
NO.
|
JAWABAN ANGKET
|
SIMPULAN TERBANYAK
|
PROSENTASE
|
|||
A
|
B
|
C
|
||||
TABULASI
DAFTAR RESPONDEN
No.
|
Nama
|
Usia
|
Alamat
|
Kompetensi
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
||||
16
|
||||
17
|
||||
18
|
||||
19
|
||||
20
|
||||
21
|
||||
22
|
||||
23
|
||||
24
|
||||
25
|
||||
26
|
||||
27
|
||||
28
|
||||
29
|
||||
30
|
||||
31
|
||||
32
|
||||
33
|
||||
34
|
||||
35
|
||||
36
|
||||
37
|
||||
38
|
||||
39
|
||||
40
|
TABULASI
DAFTAR DETAIL JAWABAN RESPONDEN
No.
|
NAMA
|
PERTANYAAN KATEGORI 1
|
PERTANYAAN KATEGORI 2
|
|||||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
||||||||||
12
|
||||||||||
13
|
||||||||||
14
|
||||||||||
15
|
||||||||||
16
|
||||||||||
17
|
||||||||||
18
|
||||||||||
19
|
||||||||||
20
|
||||||||||
21
|
||||||||||
22
|
||||||||||
23
|
||||||||||
24
|
||||||||||
25
|
||||||||||
26
|
||||||||||
27
|
||||||||||
28
|
||||||||||
29
|
||||||||||
30
|
||||||||||
31
|
||||||||||
32
|
||||||||||
33
|
||||||||||
34
|
||||||||||
35
|
||||||||||
36
|
||||||||||
37
|
||||||||||
38
|
||||||||||
39
|
||||||||||
40
|
KUALITATIF
Adapun runtutan proises sejak
pertama untuk menciptakan system tanda agar akurat dan efektif dalam
penyampaian ninfnormasi, adalah sebagai berikut :
a. SURVEY LOKASI
b. DOKUMENTASI
c. MELAKUKAN WAWANCARA
d. PEMBUATAN ANGKET
e. PENYEBARAN ANGKET
f.
MELAKUKAN PENGHITUNGAN ( TABULASI ANGKET )
g. MENENTUKAN MACAM-MACAM SISTEM TANDA
h. MERANCANG KONSNEP SISTEM TANDA DALAM
SKETSA KASAR
i.
MENDESAIN
SISTEM TANDA SECARA DIGITAL
j.
MEMBUAT
LAPORAN
DATA HASIL SURVEY
PRIMER
HASIL
ANGKET ( TABULASI )
PERTANYAAN kategori 1 – responden di harapkan
dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya atau tidak
|
|||||
No.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN ANGKET
|
SIMPULAN TERBANYAK
|
PROSENTASE
|
|
A
|
B
|
||||
1
|
Apakah
anda sudah cukup terbantu dengan informasi dari tanda petunjuk / informasi
/larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
|
5
|
45
|
45 dari 50 responden tidak terbantu dengan informasi dari tanda
petunjuk /larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo
|
90%
|
2
|
Apakah anda rasa
perlu adanya penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan
efektif untuk sign system yang terdapat diarea Pariwisata Goa Kreo ?
|
50
|
-
|
50 dari 50 responden merasa perlu
adanya penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan efektif
untuk sign system yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
|
100%
|
3
|
Apakah anda rasa
perlu penggantian desain pada tanda petunjuk / infomasi / larangan yang
terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
|
48
|
2
|
48 dari 50 responden merasa perlku
penggantian desain pada tanda petunjuk / infotmasi/ larangan yang terdapat di
area Pariwisata Goa kreo
|
96%
|
PERTANYAAN KATEGORI II – responden di hadapkan
dengan pertanyaan gambar yang memuat keterangan, untuk di pilih yang menurut
responden paling efectif seandainya di terapkan di kawasan Goa Kreo
|
||||||
No.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN ANGKET
|
SIMPULAN TERBANYAK
|
PROSENTASE
|
||
A
|
B
|
C
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
45
dari 50 pengunjung memperhatikan sistem tanda untuk beradaptasi di area
pariwisata Goa Kreo. Artinya sebagian besar dari pegunjung yang datang di Goa
Kreo kurang memahami petunjuk tanda/ informasi yang ada pada goa kreo, karena
masih banyak yang tidak terbantu dengan sistem tanda yang telah diterapkan di
goa kreo. Sistem tanda yang terdapat di area Goa Kreo hampir kurang memadai dan
efektif. Kebanyakan petunjuk sistem yang ada di Goa Kreo hampir keseluruhan
terdiri dari tulisan dan penempatan yang kurang sesuai petunjuk tanda /
informasi, Padahal pengunjung di area
Goa Kreo banyak yang memerlukan ke efektifan petunjuk tanda.
Melihat
diberlakukanya sistem tanda di Indonesia yang terdiri dari gambar dan di negara
negara maju yang lebih condong menggunakan sistem tanda tulisan, dikarenakan
pertimbangan kemampuan membaca masyarakatnya. Mengingat pengunjung di area Goa
Kreo datang dari berbagai kalangan di berbagai daerah dan usia, yang memiliki
kemampuan mencerna informasi dengan berbeda beda. Selain penempatan sistem
tanda yang kurang efektif , sistem tanda di area Goa Kreo tidak memiliki
standar desain yang tetap.
Karakteristik sistem tanda seperti perbedaan warna layout,
border dan isi gambar maupun tulisan yang tidak tetap, membuat sistem tanda di
area Goa Kreo kurang efektif. Pembuatan sistem tanda yang banyak di area Goa
Kreo tetapi tidak efektif, itu seakan tidak memiliki fungsi yang nyata karena
tidak memperhatikan keessensian dalam pembuatan desain sistem tanda. Oleh
karena itu designer / pembuat sistem tanda di are Goa Kreo harus memperhatikan
kefektifan sistem tanda agar fungsi dari sistem tanda maksimal.
A.
DOKUMENTASI AREA / LOKASI / AKTIVITAS YANG
DIRUJUK SEHUBUNGAN DENGAN RENCANA PETUNJUK/ LARANGAN / HIMBAUAN/ INFORMASI YANG
DI BUTUHKAN
Goa Kreo adalah objek wisata yang terdapat di
Kota Semarang yang terbentuk oleh alam dan terletak di tengah tengah Waduk Jati
barang. Banyak pengunjung yang datang ke Goa Kreo dengan maksud dan tujuan yang
berbeda-beda. Mayoritas pengunjung merupakan masyarakat luar kota atau turis
yang bertujuan untuk berekreasi, berwisata, bersenang-senang, bermain, studi
atau pendidikan, dll. Ada pula yang
datang dengan tujuan berniaga, berkumpul dengan keluarga atau teman bermain, bahkan
ada yang bermesraan dengan pasangan lawan jenis yang bukan muhrimnya.
Mengingat
Goa Kreo adalah tempat wisata umum, dimana siapapun baik anak kecil , dewasa
maupun orang tua dapat berkunjung di daerah ini. Pengunjung harus menjaga perilaku dan tatakrama, agar
orang lain tidak terganggu dengan perilaku mengganggu tersebut. Jadi ada
baiknya pengunjung tidak bersenang secara berlebihan. Semisal tidak berkunjung
ke Goa Kreo hanya untuk berpacaran,melakukan hal yang tidak senonoh, tidak
mengucapkan kata kata kotor, dan tidak
membawa benda tajam. Oleh karena itu
adanya sistem tanda yang berkaitan dengan kejadian tersebut, diharapkan
pengunjung Goa Kreo bisa memahami bahkan mematuhi batasan batasan yang berada
di area wisata Goa Kreo.
DENAH LOKASI
ANALISA
KESIMPULAN DARI TABULASI HASIL ANGKET
Berdasarkan hasil angket dari pilihan pengunjung, diambillah kesimpulan
mengenai karakteristik desain sistem tanda yang dianggap paling efektif untuk
diaplikasikan di area Goa Kreo. Adapaun kriteria desain secara umum adalah
sebagai berikut:
a. Bentuk :
bentuk
orang yang dilambangkan pisang.
b.
FRAMING:
Rounded
framing dipilih karena karakternya yang simpel dan dinamis.
c. WARNA:
Untuk
pemilihan warna, warna hitam dan putih dipilih sebagai perpaduan pada sistem
tanda. Hitam sebagai garis outline, dan sebagai warna objek, putih pada ruang
objek.
PENGELOMPOKAN
FUNGSI LIOKASI, PETUNJUK-PETUNJUK, LARANGAN-LARANGAN, DLL YANG BERHUBUNGAN
DENGAN PECIPTAAN SISTEM TANDA.
Adapun untuk
mempermudah proses analisa lokasi dan diberlakukanya sistem tanda yang
berkaitan dengan lokasi, pengelompakan untuk tujuan desain sistem tanda di
lokasi Goa Kreo dibagi dalam tabulasi berikut:
TABEL NAMA DAFTAR RESPONDEN DAN SURVEYOR
No.
|
Nama
|
Usia
|
Alamat
|
Kompetensi
|
1
|
Rochmad
|
48
|
JL. POLAMAN RAYA
|
BAPAK RT
|
2
|
RIZALDI
|
19
|
JL. DEWI SARTIKA
|
WIRASWASTA
|
3
|
FADHIL
|
19
|
JL. POLAMAN RAYA
|
MAHASISWA
|
4
|
AZIZI
|
20
|
JL. LAMONGAN BARAT
|
PEYANYI
|
5
|
DEWANTI
|
21
|
JL. LAMONGAN BARAT
|
MAHASISWA
|
6
|
NABILA
|
23
|
JL. NAKULA 4
|
MAHASISWA
|
7
|
FEBBY
|
29
|
JL. CANGKIRAN
|
PENJAHIT
|
8
|
PIAN
|
27
|
JL. GUNUNGPATI
|
PETERNAK
|
9
|
MEMED
|
30
|
JL. MRANGGEN RAYA
|
SANTRI
|
10
|
BU YAYUK
|
38
|
MEDOHO SEMARANG
|
WIRASWASTA
|
11
|
RETNO
|
19
|
JL. GAJAH TIMUR SEMARANG
|
WIRASWASTA
|
12
|
ARIF
|
22
|
MEDOHO SEMARANG
|
WIRASWASTA
|
13
|
ABDUL AZIZ
|
26
|
SEMARANG
|
PENJAHIT
|
14
|
SEPTIAWAN
|
38
|
DEMAK
|
PENGUSAHA
|
15
|
ARDI
|
33
|
GUNUNGPATI
|
SATPAM
|
16
|
MUSTOFA
|
39
|
KALIWUNGU
|
WIRASWASTA
|
17
|
UMI FARIDA
|
38
|
KENDAL
|
WIRASWASTA
|
18
|
SUTARDI
|
35
|
TEMBALANG
|
GURU
|
19
|
TANTI
|
21
|
GUNUNGPATI
|
MAHASISWA
|
20
|
ALIFFIA
|
11
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
21
|
BAGAS
|
12
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
22
|
YURIZAL
|
40
|
GUNUNGPATI
|
POLISI
|
23
|
REYHAN
|
13
|
JL. SEKUNIR RAYA
|
PELAJAR
|
24
|
HARYADI
|
38
|
JL. SEKUNIR RAYA
|
WIRAUSAHA
|
25
|
REZA
|
14
|
JL. SEKNUNIR RAYA
|
PELAJAR
|
26
|
AHMAD
|
40
|
JL. BANARAN RAYA
|
PENGUSAHA
|
27
|
MIFTAHUL
|
27
|
JL. SEKARAN RAYA
|
MAHASISWA
|
28
|
HASNA WAHYU
|
35
|
JL. SEKARAN RAYA
|
DOSEN
|
29
|
HANIFAH
|
17
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
30
|
TYARA
|
17
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
31
|
DEWI
|
16
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
32
|
FATHUR
|
17
|
JL. SEKARAN RAYA
|
PELAJAR
|
33
|
ROHMAN
|
29
|
JL.SEKARAN RAYA
|
PENGUSAHA
|
34
|
ANGGA
|
18
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
35
|
DEDI
|
19
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
36
|
M. AZIZ
|
33
|
DEMAK
|
SOPIR
|
37
|
VOITA RANI
|
35
|
DEMAK
|
IBU RUMAH TANGGA
|
38
|
MUSTOFIYAH
|
36
|
DEMAK
|
IBU RUMAH TANGGA
|
39
|
SITI QOMARIYAH
|
38
|
DEMAK
|
GURU
|
40
|
SITI FATIMAH
|
37
|
DEMAK
|
GURU
|
41
|
HANIF
|
20
|
TEMBALANG
|
MAHASISWA
|
42
|
HIMAWAN
|
25
|
JL. RAYA POLAMAN
|
SATPAM
|
43
|
AGUS STIAWAN
|
23
|
JL. RAYA
POLAMAN
|
SANTRI
|
44
|
KHABIBAH
|
21
|
JL. RAYA
POLAMAN
|
SANTRI
|
45
|
HILDA RIZKY
|
22
|
GUNUNGPATI
|
MAHASISWA
|
46
|
ADELIANA
|
21
|
MANYARAN
|
MAHASISWA
|
47
|
ALDI
|
14
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
48
|
AZIZ
|
15
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
49
|
RIAN
|
14
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
50
|
GALIH
|
15
|
GUNUNGPATI
|
PELAJAR
|
HASIL ANGKET YANG DIJAWAB OLEH AUDIENCE (50 RESPONDEN)
No.
|
Nama
|
PERTANYAAN
KATEGORI 1
|
PERTANYAAN KATEGORI II
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1.
|
ROCHMAD
|
B
|
A
|
A
|
||||||
2.
|
RIZALDI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
3.
|
FADHIL
|
B
|
A
|
A
|
||||||
4.
|
AZIZI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
5.
|
DEWANTI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
6.
|
NABILA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
7.
|
FEBBY
|
B
|
A
|
A
|
||||||
8.
|
PIAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
9.
|
MEMED
|
B
|
A
|
A
|
||||||
10.
|
BU YAYUK
|
B
|
A
|
A
|
||||||
11.
|
RETNO
|
B
|
A
|
A
|
||||||
12.
|
ARIF
|
B
|
A
|
A
|
||||||
13.
|
ABDUL AZIZ
|
B
|
A
|
A
|
||||||
14.
|
SEPTIAWAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
15.
|
ARDI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
16.
|
MUSTOFA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
17.
|
UMI FARIDA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
18.
|
SUTARDI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
19.
|
TANTI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
20.
|
ALIFFIA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
21.
|
BAGAS
|
A
|
A
|
A
|
||||||
22.
|
YURIZAL
|
B
|
A
|
A
|
||||||
23.
|
REYHAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
24.
|
HARYADI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
25.
|
REZA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
26.
|
AHMAD
|
B
|
A
|
A
|
||||||
27.
|
MIFTAHUL
|
B
|
A
|
A
|
||||||
28.
|
HASNA WAHYU
|
A
|
A
|
A
|
||||||
29.
|
HANIFAH
|
B
|
A
|
A
|
||||||
30.
|
TYARA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
31.
|
DEWI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
32.
|
FATHUR
|
B
|
A
|
A
|
||||||
33.
|
ROHMAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
34.
|
ANGGA
|
B
|
A
|
A
|
||||||
35.
|
DEDI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
36.
|
M. AZIZ
|
B
|
A
|
A
|
||||||
37.
|
VOITA RANI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
38.
|
MUSTOFIYAH
|
B
|
A
|
A
|
||||||
39.
|
SITI QOMARIYAH
|
A
|
A
|
A
|
||||||
40.
|
SITI FATIMAH
|
B
|
A
|
A
|
||||||
41.
|
HANIF
|
B
|
A
|
A
|
||||||
42.
|
HIMAWAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
43.
|
AGUS STIAWAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
44.
|
KHABIBAH
|
B
|
A
|
A
|
||||||
45.
|
HILDA RIZKY
|
B
|
A
|
B
|
||||||
46.
|
ADELIANA
|
B
|
A
|
B
|
||||||
47.
|
ALDI
|
B
|
A
|
A
|
||||||
48.
|
AZIZ
|
A
|
A
|
A
|
||||||
49.
|
RIAN
|
B
|
A
|
A
|
||||||
50.
|
GALIH
|
A
|
A
|
A
|