MAKALAH TENTANG SIGN SYSTEM (GOA KREO)

nunggu sampai 10 detik ya cok, sampe link nya keluar.

sabar ya


goa kreo
Sign system
    
    
    




DAFTAR ISI








KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya. Sehingga kami dapat menyelesaikan proposal yang berjudul Perancangan desain Sign System Goa Kreo. Penyusunan proposal ini untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah desain komunikasi viusal 1 bidang DKV. Serta pembaca dapat mengetahui bagaimana dan apa sebenarnya maksud perancangan sign system di Goa Kreo.
Menyadari banyak kekurangan dalam pembuatan proposal ini. Karena itu, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca untuk melengkapi segala kekurangan dan kesalahan pada proposal ini.
Semarang, 11 Januari 2017


Kelompok Goa Kreo
            Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan proposal ini.

PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG

Rekreasi/wisata merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan masyarakat modern masa kini. Seiring perkembangan waktu, aktivitas manusia yang semakin padat dan tingginya kebutuhan hidup manusia memaksa manusia untuk bekerja keras sehingga menyebabkan tingkat stres yang tinggi, hal ini membuat kebutuhan terhadap rekreasi/ wisata juga semakin meningkat. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap rekreasi/wisata sangat tinggi, maka ketersediaan tempat wisata sangat diperlukan.
 Seperti dikota Semarang misalnya, dengan tersedianya tempat-tempat wisata yang bermacam-macam maka diperlukan pula sebuah media iklan untuk membangun citra kepada masyarakat terhadap suatu tempat wisata. Dengan adanya iklan akan dapat membantu memperkenalkan potensi pariwisata di kota Semarang kepada masyarakat, baik di kota Semarang maupun sekitarnya. Salah satu media iklan yang dapat digunakan untuk membangun citra tempat wisata dengan ciri khas tertentu yaitu dengan menggunakan sign system. Pengertian sign system yaitu suatu rangkaian representasi visual dan simbol grafik yang bertujuan sebagai media interaksi manusia dengan ruang publik (Tinarbuko, 2012:12).
Salah satu fungsi sign system adalah sebagai penunjuk untuk memudahkan pengunjung yang berada pada suatu tempat, sehingga dapat mencari tempat dengan  mudah dan cepat baik didalam maupun diluar lokasi. Selain itu sign system juga dapat memudahkan pengunjung khususnya dari luar daerah yang kesulitan menjangkau sebuah tempat yang diinginkan. Misalnya pengunjung dari luar daerah yang akan menuju ke sebuah tempat wisata didaerah lain, dengan adanya sign system akan memudahkan pengunjung untuk mencari lokasi wisata tersebut.
Seiring perkembangan waktu, sign system sering digunakan di berbagai tempat wisata, salah satunya yaitu Goa Kreo. Kawasan Wisata Goa Kreo Semarang ini berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Monyet monyet yang ada di Goa Kreo ini adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), monyet yang ada di sini termasuk monyet yang cukup jinak, dan bisa bergaul dengan warga di sekitar Goa Kreo. Sign system yang terdapat pada tempat wisata Goa Kreo sangat terbatas jumlahnya. Adapaun kondisinya sangat memprihatinkan, kotor, berkarat, ukurannya kecil, penempatan sign yang tidak tepat sehingga tidak terlihat, patah bahkan ada tempat yang tidak diberi sign.
Jika dilihat dari segi desain komunikasi visual, sign system yang terdapat di lokasi wisata tersebut kurang memenuhi syarat sign system yang baik dan benar. Warna-warna yang digunakan tidak mencolok. Selain itu penempatan sign system juga kurang tepat sehingga keberadaannya sering diabaikan. Hal ini membuat sign system yang sudah ada tidak berkerja sesuai fungsinya sehingga pengunjung kesulitan mencari tempat-tempat yang ada didalam lokasi wisata. Oleh karena itu perlu diadakan perancangan ulang sign system sebagai penunjuk didalam lokasi wisata Goa Kreo  supaya dihasilkan sign system yang baik sebagai pelayanan perusahaan. Selain itu dengan adanya sign system yang baik akan membuat pengunjung wisata mudah memahami isi sign system sehingga diharapkan semua fasilitas dan wahana yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata dapat dikunjungi oleh para pengunjung.

TUJUAN

Membuat perancangan ulang sign system agar menjadi sign system yang lebih baik dan komunikatif sehingga diharapkan dapat menjadi penunjuk bagi pengunjung baik didalam maupun diluar lokasi wisata Goa Kreo.

RUMUSAN MASALAH

Bagaimana merancang ulang sign system agar menjadi sign system yang lebih baik dan komunikatif sebagai penunjuk didalam lokasi wisata Goa Kreo ?

BATASAN       

Goa Kreo sebagai salah satu tempat wisata yang cukup banyak diminati di daerah Semarang, harus memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik, salah satunya yaitu dengan  Sign system  memadai  yang harus segera diadakan pada lokasi Goa Kreo.

LOKASI SURVEY

Kawasan Wisata Goa Kreo Semarang.

OBJEK YANG DISURVEY

·         Way finding (arah menuju ke lokasi goa Kreo)
·         Way finding (arah menjuju ke lokasi waduk)
·         Loket
·         Tempat guide
·         Pusat informasi
·         Tempat parkir
·         Kantin
·         Mushola
·         Tempat bermain anak anak

TARGET AUDIENCE    

·         Pengunjung kawasan wisata Goa Kreo



















METODOLOGI PENGUMPULAN DATA


Kuantitatif

A.      Alat pengumpul data
ANGKET: Angket pertanyaan terdiri dari dua kategori pertanyaan, pertanyaan  kategori  pertama  mengenai  pendapat  pengunjung  seputar  fungsi  sistem  tanda,  dan  pertanyaan  kedua  dengan  pertanyaan  terlampir  seputar  pendapat pengunjung mengenai sistem tanda bagaimanakah yang dianggap  efektif untuk diaplikasikan diarea Goa kreo.

ANGKET PERTANYAAN DESAIN SIGN NNSYSTEM (SISTEM TANDA)
DAERAH SURVEY PARIWISATA GOA KREO
NAMA           :
ALAMAT      :
PEKERJAAN :
USIA              :






PERTANYAAN KATEGORI 1 :
1.       Apakah anda sudah cukup terbantu dengan informasi dari tanda petunjuk / informasi /larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
A.      YA                   B. TIDAK
2.       Apakah anda rasa perlu adanya penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan efektif untuk sign system yang terdapat diarea Pariwisata Goa Kreo ?
A.      YA                   B. TIDAK
3.       Apakah anda rasa perlu penggantian desain pada tanda petunjuk / infomasi / larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
A.      YA                   B. TIDAK              



PERTANYAAN KATEGORI 2 :
                Dari beberapa contoh sign system terlampir, ilustrasi tanda manakah yang menurut anda paling bagus, pantas dan EFEKTIF untuk diaplikasikan di area Pariwisata Goa Kreo ?
1.       A             C             B                            

2.       A             C             B                            


3.       A             C             B                            

4.       A             C             B                            


 





                b. PERENCANAAN TABULASI
                    
                Berikut ini  adalah contoh tabulasi yang digunakan untuk pendataan hasil suvey:

Tabulasi Hasil Angket
        
No.
Pertanyaan kategori I
Pertanyaan
JAWABAN ANGKET
SIMPULAN TERBANYAK
PROSENTASE
A (ya)
B (tidak)






















NO.

JAWABAN ANGKET
SIMPULAN TERBANYAK
PROSENTASE
A
B
C



















































TABULASI DAFTAR RESPONDEN


No.
Nama
Usia
Alamat
Kompetensi
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




31




32




33




34




35




36




37




38




39




40









TABULASI DAFTAR DETAIL JAWABAN RESPONDEN
No.
NAMA
PERTANYAAN KATEGORI 1
PERTANYAAN KATEGORI 2
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10










11










12










13










14










15










16










17










18










19










20










21










22










23










24










25










26










27










28










29










30










31










32










33










34










35










36










37










38










39










40

















KUALITATIF

Adapun runtutan proises sejak pertama untuk menciptakan system tanda agar akurat dan efektif dalam penyampaian ninfnormasi, adalah sebagai berikut :
a.       SURVEY LOKASI
b.       DOKUMENTASI
c.       MELAKUKAN WAWANCARA
d.       PEMBUATAN ANGKET
e.       PENYEBARAN ANGKET
f.        MELAKUKAN  PENGHITUNGAN ( TABULASI ANGKET )
g.       MENENTUKAN MACAM-MACAM SISTEM TANDA
h.       MERANCANG KONSNEP SISTEM TANDA DALAM SKETSA KASAR
i.         MENDESAIN SISTEM TANDA SECARA DIGITAL
j.         MEMBUAT LAPORAN











DATA HASIL SURVEY


PRIMER

HASIL ANGKET ( TABULASI )
PERTANYAAN kategori 1 – responden di harapkan dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya atau tidak
No.
PERTANYAAN
JAWABAN ANGKET
SIMPULAN TERBANYAK
PROSENTASE
A
B
1
Apakah anda sudah cukup terbantu dengan informasi dari tanda petunjuk / informasi /larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?

5
45
45 dari 50 responden tidak terbantu dengan informasi dari tanda petunjuk /larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo
90%
2
Apakah anda rasa perlu adanya penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan efektif untuk sign system yang terdapat diarea Pariwisata Goa Kreo ?

50
-
50 dari 50 responden merasa perlu adanya penambahan / perbaikan sign system yang lebih spesifik dan efektif untuk sign system yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?
100%
3
Apakah anda rasa perlu penggantian desain pada tanda petunjuk / infomasi / larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa Kreo ?

48
2
48 dari 50 responden merasa perlku penggantian desain pada tanda petunjuk / infotmasi/ larangan yang terdapat di area Pariwisata Goa kreo
96%



PERTANYAAN KATEGORI II – responden di hadapkan dengan pertanyaan gambar yang memuat keterangan, untuk di pilih yang menurut responden paling efectif seandainya di terapkan di kawasan Goa Kreo
No.
PERTANYAAN
JAWABAN ANGKET
SIMPULAN TERBANYAK
PROSENTASE
A
B
C
1






2






3






4






5






6










                45 dari 50 pengunjung memperhatikan sistem tanda untuk beradaptasi di area pariwisata Goa Kreo. Artinya sebagian besar dari pegunjung yang datang di Goa Kreo kurang memahami petunjuk tanda/ informasi yang ada pada goa kreo, karena masih banyak yang tidak terbantu dengan sistem tanda yang telah diterapkan di goa kreo. Sistem tanda yang terdapat di area Goa Kreo hampir kurang memadai dan efektif. Kebanyakan petunjuk sistem yang ada di Goa Kreo hampir keseluruhan terdiri dari tulisan dan penempatan yang kurang sesuai petunjuk tanda / informasi,  Padahal pengunjung di area Goa Kreo banyak yang memerlukan ke efektifan petunjuk tanda.
                Melihat diberlakukanya sistem tanda di Indonesia yang terdiri dari gambar dan di negara negara maju yang lebih condong menggunakan sistem tanda tulisan, dikarenakan pertimbangan kemampuan membaca masyarakatnya. Mengingat pengunjung di area Goa Kreo datang dari berbagai kalangan di berbagai daerah dan usia, yang memiliki kemampuan mencerna informasi dengan berbeda beda. Selain penempatan sistem tanda yang kurang efektif , sistem tanda di area Goa Kreo tidak memiliki standar desain yang tetap.
                Karakteristik  sistem tanda seperti perbedaan warna layout, border dan isi gambar maupun tulisan yang tidak tetap, membuat sistem tanda di area Goa Kreo kurang efektif. Pembuatan sistem tanda yang banyak di area Goa Kreo tetapi tidak efektif, itu seakan tidak memiliki fungsi yang nyata karena tidak memperhatikan keessensian dalam pembuatan desain sistem tanda. Oleh karena itu designer / pembuat sistem tanda di are Goa Kreo harus memperhatikan kefektifan sistem tanda agar fungsi dari sistem tanda maksimal.
               

A.      DOKUMENTASI AREA / LOKASI / AKTIVITAS YANG DIRUJUK SEHUBUNGAN DENGAN RENCANA PETUNJUK/ LARANGAN / HIMBAUAN/ INFORMASI YANG DI BUTUHKAN



           Goa Kreo adalah objek wisata yang terdapat di Kota Semarang yang terbentuk oleh alam dan terletak di tengah tengah Waduk Jati barang. Banyak pengunjung yang datang ke Goa Kreo dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Mayoritas pengunjung merupakan masyarakat luar kota atau turis yang bertujuan untuk berekreasi, berwisata, bersenang-senang, bermain, studi atau pendidikan, dll. Ada  pula yang datang dengan tujuan berniaga, berkumpul dengan keluarga atau teman bermain, bahkan ada yang bermesraan dengan pasangan lawan jenis yang bukan muhrimnya.

            Mengingat Goa Kreo adalah tempat wisata umum, dimana siapapun baik anak kecil , dewasa maupun orang tua dapat berkunjung di daerah ini. Pengunjung  harus menjaga perilaku dan tatakrama, agar orang lain tidak terganggu dengan perilaku mengganggu tersebut. Jadi ada baiknya pengunjung tidak bersenang secara berlebihan. Semisal tidak berkunjung ke Goa Kreo hanya untuk berpacaran,melakukan hal yang tidak senonoh, tidak mengucapkan kata kata kotor, dan  tidak membawa benda tajam. Oleh karena itu  adanya sistem tanda yang berkaitan dengan kejadian tersebut, diharapkan pengunjung Goa Kreo bisa memahami bahkan mematuhi batasan batasan yang berada di area wisata Goa Kreo.






DENAH LOKASI







ANALISA


KESIMPULAN DARI TABULASI HASIL ANGKET

Berdasarkan hasil angket dari pilihan pengunjung, diambillah kesimpulan mengenai karakteristik desain sistem tanda yang dianggap paling efektif untuk diaplikasikan di area Goa Kreo. Adapaun kriteria desain secara umum adalah sebagai berikut:


a.      Bentuk :                                  


bentuk orang yang dilambangkan pisang.



b.      FRAMING:                                   
Rounded framing dipilih karena karakternya yang simpel dan dinamis.

c.       WARNA:                     
      Untuk pemilihan warna, warna hitam dan putih dipilih sebagai perpaduan pada sistem tanda. Hitam sebagai garis outline, dan sebagai warna objek, putih pada ruang objek.





            PENGELOMPOKAN FUNGSI LIOKASI, PETUNJUK-PETUNJUK, LARANGAN-LARANGAN, DLL YANG BERHUBUNGAN DENGAN PECIPTAAN SISTEM TANDA.

            Adapun untuk mempermudah proses analisa lokasi dan diberlakukanya sistem tanda yang berkaitan dengan lokasi, pengelompakan untuk tujuan desain sistem tanda di lokasi Goa Kreo dibagi dalam tabulasi berikut:























TABEL NAMA DAFTAR RESPONDEN DAN SURVEYOR

No.
Nama
Usia
Alamat
Kompetensi
1
Rochmad
48
JL. POLAMAN RAYA
BAPAK RT
2
RIZALDI
19
JL. DEWI SARTIKA
WIRASWASTA
3
FADHIL
19
JL. POLAMAN RAYA
MAHASISWA
4
AZIZI
20
JL. LAMONGAN BARAT
PEYANYI
5
DEWANTI
21
JL. LAMONGAN BARAT
MAHASISWA
6
NABILA
23
JL. NAKULA 4
MAHASISWA
7
FEBBY
29
JL. CANGKIRAN
PENJAHIT
8
PIAN
27
JL. GUNUNGPATI
PETERNAK
9
MEMED
30
JL. MRANGGEN RAYA
SANTRI
10
BU YAYUK
38
MEDOHO SEMARANG
WIRASWASTA
11
RETNO
19
JL. GAJAH TIMUR SEMARANG
WIRASWASTA
12
ARIF
22
MEDOHO SEMARANG
WIRASWASTA
13
ABDUL AZIZ
26
SEMARANG
PENJAHIT
14
SEPTIAWAN
38
DEMAK
PENGUSAHA
15
ARDI
33
GUNUNGPATI
SATPAM
16
MUSTOFA
39
KALIWUNGU
WIRASWASTA
17
UMI FARIDA
38
KENDAL
WIRASWASTA
18
SUTARDI
35
TEMBALANG
GURU
19
TANTI
21
GUNUNGPATI
MAHASISWA
20
ALIFFIA
11
GUNUNGPATI
PELAJAR
21
BAGAS
12
GUNUNGPATI
PELAJAR
22
YURIZAL
40
GUNUNGPATI
POLISI
23
REYHAN
13
JL. SEKUNIR RAYA
PELAJAR
24
HARYADI
38
JL. SEKUNIR RAYA
WIRAUSAHA
25
REZA
14
JL. SEKNUNIR RAYA
PELAJAR
26
AHMAD
40
JL. BANARAN RAYA
PENGUSAHA
27
MIFTAHUL
27
JL. SEKARAN RAYA
MAHASISWA
28
HASNA WAHYU
35
JL. SEKARAN RAYA
DOSEN
29
HANIFAH
17
GUNUNGPATI
PELAJAR
30
TYARA
17
GUNUNGPATI
PELAJAR
31
DEWI
16
GUNUNGPATI
PELAJAR
32
FATHUR
17
JL. SEKARAN RAYA
PELAJAR
33
ROHMAN
29
JL.SEKARAN RAYA
PENGUSAHA
34
ANGGA
18
GUNUNGPATI
PELAJAR
35
DEDI
19
GUNUNGPATI
PELAJAR
36
M. AZIZ
33
DEMAK
SOPIR
37
VOITA RANI
35
DEMAK
IBU RUMAH TANGGA
38
MUSTOFIYAH
36
DEMAK
IBU RUMAH TANGGA
39
SITI QOMARIYAH
38
DEMAK
GURU
40
SITI FATIMAH
37
DEMAK
GURU



41
HANIF
20
TEMBALANG
MAHASISWA
42
HIMAWAN
25
JL. RAYA POLAMAN
SATPAM
43
AGUS STIAWAN
23
JL. RAYA POLAMAN
SANTRI
44
KHABIBAH
21
JL. RAYA POLAMAN
SANTRI
45
HILDA RIZKY
22
GUNUNGPATI
MAHASISWA
46
ADELIANA
21
MANYARAN
MAHASISWA
47
ALDI
14
GUNUNGPATI
PELAJAR
48
AZIZ
15
GUNUNGPATI
PELAJAR
49
RIAN
14
GUNUNGPATI
PELAJAR
50
GALIH
15
GUNUNGPATI
PELAJAR
























HASIL ANGKET YANG DIJAWAB OLEH AUDIENCE (50 RESPONDEN)
No.
Nama
PERTANYAAN KATEGORI 1
PERTANYAAN KATEGORI II

1
2
3
1
2
3
4
5
6
1.        
ROCHMAD
B
A
A






2.        
RIZALDI
B
A
A






3.        
FADHIL
B
A
A






4.        
AZIZI
B
A
A






5.        
DEWANTI
B
A
A






6.        
NABILA
B
A
A






7.        
FEBBY
B
A
A






8.        
PIAN
B
A
A






9.        
MEMED
B
A
A






10.     
BU YAYUK
B
A
A






11.     
RETNO
B
A
A






12.     
ARIF
B
A
A






13.     
ABDUL AZIZ
B
A
A






14.     
SEPTIAWAN
B
A
A






15.     
ARDI
B
A
A






16.     
MUSTOFA
B
A
A






17.     
UMI FARIDA
B
A
A






18.     
SUTARDI
B
A
A






19.     
TANTI
B
A
A






20.     
ALIFFIA
B
A
A






21.     
BAGAS
A
A
A






22.     
YURIZAL
B
A
A






23.     
REYHAN
B
A
A






24.     
HARYADI
B
A
A






25.     
REZA
B
A
A






26.     
AHMAD
B
A
A






27.     
MIFTAHUL
B
A
A






28.     
HASNA WAHYU
A
A
A






29.     
HANIFAH
B
A
A






30.     
TYARA
B
A
A






31.     
DEWI
B
A
A






32.     
FATHUR
B
A
A






33.     
ROHMAN
B
A
A






34.     
ANGGA
B
A
A






35.     
DEDI
B
A
A






36.     
M. AZIZ
B
A
A






37.     
VOITA RANI
B
A
A






38.     
MUSTOFIYAH
B
A
A






39.     
SITI QOMARIYAH
A
A
A






40.     
SITI FATIMAH
B
A
A






41.     
HANIF
B
A
A






42.     
HIMAWAN
B
A
A






43.     
AGUS STIAWAN
B
A
A






44.     
KHABIBAH
B
A
A






45.     
HILDA RIZKY
B
A
B






46.     
ADELIANA
B
A
B






47.     
ALDI
B
A
A






48.     
AZIZ
A
A
A






49.     
RIAN
B
A
A






50.     
GALIH
A
A
A







Comments


EmoticonEmoticon