Contoh iklan Behaviorisme dan Psikoanalisis

Behaviorisme
  1. Iklan Gulaku
“Manisnya Hidup Dengan Gulaku” merupakan sebuah tagline yang nendang banget yang ada dalam iklan Gulaku tahun 2011. Iklan tersebut sangat menarik karena background iklan yang keren banget, terkesan kedua bintang iklan itu sedang bermain-main didunia fantasy.
  1. Iklan Yamaha
Contoh iklan televisi Indonesia paling menarik lainnya adalah iklan motor Yamaha. Iklan Yamaha ini dibintangi oleh banyak artis ibukota seperti Komeng, Bajaj, Didi Petet, Dedi Mizwar, Torro Margens, dan artis-artis lainnya. Iklan tersebut menunjukan betapa cepatnya “lari” dari motor Yamaha
  1. Iklan Pocari Sweat
Popularitas idol group JKT48 yang sedang naik daun membuat mereka menjadi bintang iklan Pocari Sweat. Iklan tersebut benar-benar memperlihatkan aturan meminum “minuman pengganti ion dalam tubuh” Pocari Sweat yang sebenarnya yaitu diminum sehabis melakukan kegiatan berat.





Psikoanalisis

  1. Iklan Segar Sari Susu Soda
Iklan "Segar Sari Susu Soda" versi Julia Perez. Dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske yang akan menunjukan kedudukan wanita dalam iklan "Segar Sari Susu Soda" merupakan bentuk penentangan dari segala tekanan emosional, dengan menggunakan kedok atau topeng sensualitas. Dan topeng sensualitas tersebut menjadi komodifikasi yang melebihi nilai guna barang produksi yang diiklankan. Sehingga yang ditakutkan hanyalah apabila sensualitas itu dibiarkan bahkan diperjual-belikan, tanpa sadar akan merusak karakter seksualitas dalam segi sosiokultural, khususnya di budaya ketimuran, dan merusak nilai etika bahkan agama. Sehingga seks hanyalah dipandang sebagai suatu biologis semata yang tidaklah membedakan antara kita sebagai manusia yang berakal budi, atau hanya sebagai binatang yang bemapsu birahi semata.
Image result for iklan segar sari susu soda jupe


  1. Iklan Frestea Green My Body
Iklan Frestea Green My Body . Dalam situasi perekonomian di Indonesia seperti sekarang ini  banyak perusahaan yang saling bersaing khususnya dalam periklanan. Suatu strategi periklanan yang populer digunakan untuk memindahkan makna budaya ke dalam produk dan merek adalah dengan memanfaatkan para selebriti untuk ikut menjamin suatu produk tertentu. Trend yang berkembang saat ini adalah pemakaian Celebrity Endorsements, baik itu para aktor atau aktris, atlet maupun selebritis lainnya. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini akan membahas secara umum tentang bagaimanakah pengaruh Celebrity Endorsers (Aura Kasih) yang dilakukan oleh iklan Frestea Green My Body terhadap minat beli konsumen di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Celebrity Endorsers  dapat dinilai dari 3 dimensi yaitu Expertise, Attractiveness, dan Trustworthiness. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dimana respondennya adalah mahasiswa/mahasiswi di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yang pernah menonton iklan Frestea Green My Body. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 12.0. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa Sig. (α) = 0,662 > 0.05 sehingga H0 diterima atau koefisien regresi tidak signifikan, yang berarti tidak ada pengaruh antara Celebrity Endorsers (Aura Kasih) terhadap minat beli konsumen pada produk Frestea Green My Body di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yaitu sebesar -1,4% = 0%. Dari kesimpulan di atas, maka penulis mencoba untuk memberikan saran yaitu sebaiknya perusahaan menggunakan beberapa kategori produk yang berbeda (High Involvement & Low Involvement) dan sebaiknya membuat iklan yang memiliki ciri yang khas dalam iklannya sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingat pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut dan dapat menimbulkan minat beli konsumen terhadap produk yang diklankan tersebut.
Image result for iklan frestea green my body

  1. Iklan Shimizu
Salah satu contoh iklan yang kurang etis adalah iklan pompa air shimizu. berbau erotis pompa air Shimizu yang ditayangkan di televisi sejak beberapa hari terakhir ini. Iklan ini kemudian banyak menuai protes karena dianggap sebagai tontotan yang menjurus porno. Dalam iklan Shimizu yang berdurasi sekitar 30 detik itu memang menyuguhkan sensasi erotis yang cukup menantang. Iklan ini diawali seorang wanita memakai pakaian tidur dengan belahan dada terbuka merengek kepada pasangannya. “Kalo nggak mancur terus kapan enaknya,” katanya dengan mimik menggoda. Selanjutnya, si cewek pergi ke mall. Dia ditawari oleh penjual obat kuat lelaki. Namun, ia justru datang ke toko pompa air merek Shimizu. Di akhir cerita, setelah pompa air Shimizu itu dipasang, si wanita seksi itu bergoyang erotis diiringi irama dangdut. Kemudian saat disiram oleh prianya, wanita itu berkata dengan nada manja, “Basah deh”.
https://i2.wp.com/i.ytimg.com/vi/lxoLTIDOF3k/sddefault.jpg

Comments


EmoticonEmoticon