SISTEMATIKA PROSES DESAIN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMANASAN GLOBAL (metodology desain)

nunggu sampai 10 detik ya cok, sampe link nya keluar.

sabar ya



SISTEMATIKA PROSES DESAIN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMANASAN GLOBAL
METODOLOGI DESAIN





BAB I
A.    Latar Belakang
Pada saat ini bumi tengah dihadapkan pada suatu masalah yang sangat kompleks, suatu masalah yang berkaitan dengan peningkatan suhu rata-rata bumi dari tahun ke tahun atau yang lebih dikenal dengan sebutan pemanasan global.Pemanasan global atau global warming akan berdampak buruk bagi kehidupan bumi jika tidak ditanggulangi secara serius.
Pemanasan global (Global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca yang berasal dari Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer Bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.




B.     Metode Perancangan
Dalam perancangan ini dibutuhukan data-data, dimana data tersebut terbagi kedalam dua bagian, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kota Padang dalam jangka 5 tahun terakhir tentang penyebab perubahan iklim dan gejala yang ditimbulkan.
Sedangkan data sekunder didapat berdasarkan dokumentasi dengan mengunakan camera digital untuk memuat  fakta yang terjadi ditengah masyarakat dan buku-buku, artikel dan buku digital yang berkaitan dengan pemanasan global. Kemudian data tersebut diolah dengan metode pemecahan masalah berrdasarkan teori 5 W + 1H (what, why, who, when, where, dan how).
Seperti yang dikutip dari http://id.m.wikipedia.org/wiki/berita (online) dan http://dkvunpas.blogspot.com/2012/04/5w2h-memahami-persoalan-sebelumsolusi.html?m=1 (online) diakses pada tanggal 2 May 2014, 5 W + 1H dijadikan sebagai titik tolak atau konsep dasar untuk membuat kampanye non komersil ini.  

C.    Tujuan
Karya proyek studi tentang “Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemanasan Global” ini memiliki tujuan sebagai berikut:
1.      Mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari perkuliahan ke dalam bentuk karya yang berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual.
2.      Memperdalam keahlian dalam pembuatan iklan layanan masyarakat.
3.      Menciptakan iklan tayang layanan masyarakat bertema Pemanasan Global.

D.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara merancang iklan layanan masyarakat agar masyarakat mampu menanggulangi permasalahan pemanasan global ?
2.      Bagaimana agar masyarakat mampu mengurangi pemanasan global melalui iklan layanan masyarakat?
BAB II
A.    Metode Pengumpulan Data
Dalam Perancangan media pendukung yang tujuan nya untuk menunjang media utama dalam mempromosikan ILM tentang pemanasan globalini penulis menetapkan headline berbentuk susunan kata yang di buat untuk menegaskan isi dari pesan yang disampaikan yaitu  ”Save The World”, dan tagline“Gunakan Energi Secara Bijak”. 
Dengan menggabungkan berbagai objek untuk membentuk sebuah poster iklan layanan masyarakat yang mampu mengarahkan masyarakat pada satu tujuan ,yaitu sesuai pada tema “pemanasan global”. Penggabungan berbagai objek tersebut tidak sembarangan, dan pada dasarnya iklan layanan masyarakat tersebut dapat di pahami dengan mudah oleh masyarakat.
            Mudah di ketahui bahwa setiap poster mengandung makna yang mudah di ketahui oleh masyarakat melalui bentuk visual. Bentuk visual dengan contoh ballon yang atasnya ada gambar setengah dari betuk bumi dan tambahan text “selamatkan bumi” memiliki arti bahwa kita sebagai manusia mampu menyelamatkan bumi melalui hal kecil, seperti memadamkan lampu saat tidur. Dan itulah satu poster yang mampu mengubah pendirian manusia melalui visual.
            Iklan layanan masyarakat bukan hanya berbentuk poster 2D atau 3D saja melainkan juga bisa melalui video. Dengan adanya berbagai software baru yang meiliki fitur lebih maka dapat memudahkan user untuk membuat iklan melalui software tersebut. Dengan adanya pembuatan iklan layanan masyarakat melalui video lebih memudahkan untuk mengarahkan masyarakat pada tujuan, karena mudah di pahami.
            Lalu media apa yang sebenarnya cocok di gunakan untuk memaparkan iklan layanan masyarakat kepada masyarakat tersebut? Tentu saja tergantung ILM tersebut dalam bentuk apa kita harus tahu juga. Untuk menunjukkan ILM kepada masyarakat tentunya media harus diletakkan di tempat di masyarakat banyak melakukan aktivitas di tempat itu, sehingga ILM banyak di tonton oleh masyarakat.
Cara menanggulangi permasalahan pemanasan global dengan media iklan layanan masyarakat :
1.      Membuat ILM tentang reboisasi atau penanaman pohon kembali.
2.      Membuat peringatan dilarang menebang pohon sembarangan pada ILM.
3.      Membuat ILM tentang Energi Alternatif karena mampu mengurangi pemanasan global serta menyelaatkan bumi sekaligus.
4.      Membuat ide se-kreative mungkin untuk mendorong masyarakat agar sadar akan pemanasan global itu karena ulah manusia.
Melalui ILM masyarakat akan sadar bahwa pemanasan global juga di sebabkan oleh manusia juga, lalu kesadaran itu bangkit dan mendorong individu untuk melakukan tindakan dimana dia akan memperbaiki semua dari hal yang kecil. Lalu hal kecil seperti apakah itu? Seperti menghemat listrik, reboisasi, dan masih banyak lagi ILM yang mampu menyadarkan masyarakat melalui berbagai bentuk visual. Pada dasarnya ILM mampu membangkitkan kesadaran diri melalui perasaan dimana seseorang akan merasa lebih mementingkan kehidupan daripada aktivitas lain.




B.     Variabel Data
Analisis ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengamat yang melihat iklan layanan masyarakat yang sudah publikasikan, apakah sang pengamat mampu memahami iklan layanan tersebut dengan cepat dan mampu bergerak untuk menjalankan apa yang ILM tunjukan pada pengamat. Mengasumsikan sebuah iklan layanan masyarakat sebagai pijakan untuk bangkitnya kesadaran manusia tentang bahaya nya alam karena ulah manusia yang  tidak sadar akan tindakannya. Maka dari itu desain ILM yang di buat di fokuskan pada suatu pergerakan dimana manusia akan sadar tentang pemanasan global, dan bangkit untuk memperbaikinya.
Beberapa bentuk variabel yang akan di analisis pada iklan layanan masyarakat tentang pemanasan global :
a)      Menciptakan ILM untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.
b)      ILM tentang Penghijauan lahan.
c)      Seperti pada gambar pertama tentang Menghemat penggunaan listrik.

C.    Analisis Data
Variabel Penelitian Variabel adalah gejala bervariasi yang menjadi objek penelitian. Menurut Arikunto (2002:101), bahwa variabel yang mempengaruhi disebut variabel penyebab, variabel bebas atau independent variabel , sedangkan variabel akibat disebut variabel tak bebas, variabel tergantung,variabel terikat atau dependent variabel . Dalam penelitian ini yang merupakan variabel bebas adalah desain ILM sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah analisis data itu sendiri.
a.       ILM menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, yang artinya menciptakan sebuah bahan bakar yang ramah lingkungan. Desain ini yang pastinya langsung bersangkut pada hubungan baham kimiawi seperti karbondioksida. Maka yang dilihat dari desain ini lebih menunjukkan pada sebuah upaya untuk mendorong manusia menggunakan bahan bakar yang ramah ligkungan.
b.      Penghijauan lahan, desain ini mungkin akan terlihat simple dan mudah di pahami jika sudah di publikasikan di media, lalu apa pengaruhnya ? yaitu menuntut manusia untuk lebih banyak menanam pohon karena semakin menipisnya lahan hijau di bumi ini. Maka desain yang di buat mungkin sangat simple jika di buat poster atau video dalam bentuk ILM.
c.       Menghemat penggunaan listrik, seperti penjelasan pada awal, desain terlihat simple dengan beberapa penggabungan obejek-objek tertentu sehingga tercipta sebuah desain yang indah dan mudah di pahami oleh pengamat.



BAB III

A.    Simpulan Analisis Perancangan Iklan Layanan Masyarakat
Dapat di simpulkan dari beberapa analisis yang saya dapat, tujuan utama di buatnya ILM tentang pemanasan global yaitu untuk menyadarkan pengamat tentang bentuk kesalahan manusia yang tidak sadar telah mengakibatkan pemanasan global.
Sistematika yang di rancang menurut saya itu tergantung media yang di gunakan dalam ILM bentuk visual gambar ataupun Video, semua tergantung proses kreativitas designer pada saat membuat ILM tersebut. Pada dasarnya ILM harus memiliki makna, jika Pemanasan global maka ILM tersebut juga mampu menyadarkan manusia, dan bahkan bukan hanya menyadarkan namun menciptakan suatu pergerakan nyata untuk mengurangi pemanasan global.
Comments


EmoticonEmoticon