sabar ya
SISTEMATIKA PROSES
DESAIN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMANASAN GLOBAL
METODOLOGI DESAIN
BAB I
A. Latar Belakang
Pada
saat ini bumi tengah dihadapkan pada suatu masalah yang sangat kompleks, suatu
masalah yang berkaitan dengan peningkatan suhu rata-rata bumi dari tahun ke
tahun atau yang lebih dikenal dengan sebutan pemanasan global.Pemanasan global
atau global warming akan berdampak buruk bagi kehidupan bumi jika tidak
ditanggulangi secara serius.
Pemanasan
global (Global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata
atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi
telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.
Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa,
"sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad
ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca
akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini
telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua
akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat
beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan
IPCC tersebut.
Penyebab
pemanasan global adalah efek rumah kaca yang berasal dari Segala sumber energi
yang terdapat di Bumi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut
berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini
tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan
Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali
sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang
ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer Bumi
akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida,
sulfur dioksida dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas
ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi
dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini
terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus
meningkat.
B.
Metode
Perancangan
Dalam
perancangan ini dibutuhukan data-data, dimana data tersebut terbagi kedalam dua
bagian, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari Badan
Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kota Padang dalam jangka 5 tahun terakhir
tentang penyebab perubahan iklim dan gejala yang ditimbulkan.
Sedangkan
data sekunder didapat berdasarkan dokumentasi dengan mengunakan camera digital
untuk memuat fakta yang terjadi ditengah
masyarakat dan buku-buku, artikel dan buku digital yang berkaitan dengan
pemanasan global. Kemudian data tersebut diolah dengan metode pemecahan masalah
berrdasarkan teori 5 W + 1H (what, why, who, when, where, dan how).
Seperti
yang dikutip dari http://id.m.wikipedia.org/wiki/berita (online) dan
http://dkvunpas.blogspot.com/2012/04/5w2h-memahami-persoalan-sebelumsolusi.html?m=1
(online) diakses pada tanggal 2 May 2014, 5 W + 1H dijadikan sebagai titik
tolak atau konsep dasar untuk membuat kampanye non komersil ini.
C.
Tujuan
Karya
proyek studi tentang “Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemanasan Global” ini
memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Mengaplikasikan
pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari perkuliahan ke dalam bentuk
karya yang berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual.
2. Memperdalam
keahlian dalam pembuatan iklan layanan masyarakat.
3. Menciptakan
iklan tayang layanan masyarakat bertema Pemanasan Global.
D.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
cara merancang iklan layanan masyarakat agar masyarakat mampu menanggulangi
permasalahan pemanasan global ?
2. Bagaimana
agar masyarakat mampu mengurangi pemanasan global melalui iklan layanan
masyarakat?
BAB II
A.
Metode
Pengumpulan Data
Dalam
Perancangan media pendukung yang tujuan nya untuk menunjang media utama dalam
mempromosikan ILM tentang pemanasan globalini penulis menetapkan headline
berbentuk susunan kata yang di buat untuk menegaskan isi dari pesan yang
disampaikan yaitu ”Save The World”, dan tagline“Gunakan
Energi Secara Bijak”.
Dengan
menggabungkan berbagai objek untuk membentuk sebuah poster iklan layanan
masyarakat yang mampu mengarahkan masyarakat pada satu tujuan ,yaitu sesuai
pada tema “pemanasan global”. Penggabungan berbagai objek tersebut tidak
sembarangan, dan pada dasarnya iklan layanan masyarakat tersebut dapat di
pahami dengan mudah oleh masyarakat.
Mudah di ketahui bahwa setiap poster
mengandung makna yang mudah di ketahui oleh masyarakat melalui bentuk visual.
Bentuk visual dengan contoh ballon yang atasnya ada gambar setengah dari betuk
bumi dan tambahan text “selamatkan bumi” memiliki arti bahwa kita sebagai
manusia mampu menyelamatkan bumi melalui hal kecil, seperti memadamkan lampu
saat tidur. Dan itulah satu poster yang mampu mengubah pendirian manusia
melalui visual.
Iklan layanan masyarakat bukan hanya
berbentuk poster 2D atau 3D saja melainkan juga bisa melalui video. Dengan
adanya berbagai software baru yang meiliki fitur lebih maka dapat memudahkan
user untuk membuat iklan melalui software tersebut. Dengan adanya pembuatan
iklan layanan masyarakat melalui video lebih memudahkan untuk mengarahkan
masyarakat pada tujuan, karena mudah di pahami.
Lalu media apa yang sebenarnya cocok
di gunakan untuk memaparkan iklan layanan masyarakat kepada masyarakat
tersebut? Tentu saja tergantung ILM tersebut dalam bentuk apa kita harus tahu
juga. Untuk menunjukkan ILM kepada masyarakat tentunya media harus diletakkan
di tempat di masyarakat banyak melakukan aktivitas di tempat itu, sehingga ILM
banyak di tonton oleh masyarakat.
Cara
menanggulangi permasalahan pemanasan global dengan media iklan layanan
masyarakat :
1. Membuat
ILM tentang reboisasi atau penanaman pohon kembali.
2. Membuat
peringatan dilarang menebang pohon sembarangan pada ILM.
3. Membuat
ILM tentang Energi Alternatif karena mampu mengurangi pemanasan global serta
menyelaatkan bumi sekaligus.
4. Membuat
ide se-kreative mungkin untuk mendorong masyarakat agar sadar akan pemanasan
global itu karena ulah manusia.
Melalui
ILM masyarakat akan sadar bahwa pemanasan global juga di sebabkan oleh manusia
juga, lalu kesadaran itu bangkit dan mendorong individu untuk melakukan
tindakan dimana dia akan memperbaiki semua dari hal yang kecil. Lalu hal kecil
seperti apakah itu? Seperti menghemat listrik, reboisasi, dan masih banyak lagi
ILM yang mampu menyadarkan masyarakat melalui berbagai bentuk visual. Pada
dasarnya ILM mampu membangkitkan kesadaran diri melalui perasaan dimana
seseorang akan merasa lebih mementingkan kehidupan daripada aktivitas lain.
B. Variabel Data
Analisis
ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengamat yang melihat iklan layanan
masyarakat yang sudah publikasikan, apakah sang pengamat mampu memahami iklan
layanan tersebut dengan cepat dan mampu bergerak untuk menjalankan apa yang ILM
tunjukan pada pengamat. Mengasumsikan sebuah iklan layanan masyarakat sebagai
pijakan untuk bangkitnya kesadaran manusia tentang bahaya nya alam karena ulah
manusia yang tidak sadar akan
tindakannya. Maka dari itu desain ILM yang di buat di fokuskan pada suatu
pergerakan dimana manusia akan sadar tentang pemanasan global, dan bangkit
untuk memperbaikinya.
Beberapa
bentuk variabel yang akan di analisis pada iklan layanan masyarakat tentang
pemanasan global :
a) Menciptakan
ILM untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.
b) ILM
tentang Penghijauan lahan.
c) Seperti
pada gambar pertama tentang Menghemat penggunaan listrik.
C.
Analisis
Data
Variabel
Penelitian Variabel adalah gejala bervariasi yang menjadi objek penelitian.
Menurut Arikunto (2002:101), bahwa variabel yang mempengaruhi disebut variabel
penyebab, variabel bebas atau independent variabel , sedangkan variabel akibat
disebut variabel tak bebas, variabel tergantung,variabel terikat atau dependent
variabel . Dalam penelitian ini yang merupakan variabel bebas adalah desain ILM
sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah analisis data itu sendiri.
a. ILM
menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, yang artinya menciptakan sebuah
bahan bakar yang ramah lingkungan. Desain ini yang pastinya langsung bersangkut
pada hubungan baham kimiawi seperti karbondioksida. Maka yang dilihat dari
desain ini lebih menunjukkan pada sebuah upaya untuk mendorong manusia
menggunakan bahan bakar yang ramah ligkungan.
b. Penghijauan
lahan, desain ini mungkin akan terlihat simple dan mudah di pahami jika sudah
di publikasikan di media, lalu apa pengaruhnya ? yaitu menuntut manusia untuk
lebih banyak menanam pohon karena semakin menipisnya lahan hijau di bumi ini.
Maka desain yang di buat mungkin sangat simple jika di buat poster atau video
dalam bentuk ILM.
c. Menghemat
penggunaan listrik, seperti penjelasan pada awal, desain terlihat simple dengan
beberapa penggabungan obejek-objek tertentu sehingga tercipta sebuah desain
yang indah dan mudah di pahami oleh pengamat.
BAB
III
A.
Simpulan
Analisis Perancangan Iklan Layanan Masyarakat
Dapat
di simpulkan dari beberapa analisis yang saya dapat, tujuan utama di buatnya
ILM tentang pemanasan global yaitu untuk menyadarkan pengamat tentang bentuk
kesalahan manusia yang tidak sadar telah mengakibatkan pemanasan global.
Sistematika
yang di rancang menurut saya itu tergantung media yang di gunakan dalam ILM
bentuk visual gambar ataupun Video, semua tergantung proses kreativitas
designer pada saat membuat ILM tersebut. Pada dasarnya ILM harus memiliki
makna, jika Pemanasan global maka ILM tersebut juga mampu menyadarkan manusia,
dan bahkan bukan hanya menyadarkan namun menciptakan suatu pergerakan nyata
untuk mengurangi pemanasan global.